Agus Widjojo Dilantik Jadi Gubernur Lemhanas

Presiden Joko Widodo melantik Letjen (Purn) Agus Widjojo sebagai Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) menggantikan Budi Susilo Soepandji. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/04) pukul 15.00 WIB.

Pengangkatan Agus sesuai dengan Keppres No 43/TPA tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Agus merupakan mantan Kepala Staf Teritorial TNI. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR dari fraksi TNI/Polri dan setelah itu menjadi Deputi Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program Reformasi (UKP3R) di era Presiden SBY.

Agus juga merupakan anak dari salah satu pahlawan revolusi, Mayjen Sutoyo Siswoharjo. Dia merupakan lulusan Akabri angkatan 1970.

Agus merupakan purnawirawan yang serius dengan reformasi di tubuh TNI. Dia menulis buku berjudul “Transformasi TNI: Dari Prajurit Kemerdekaan Menuju Tentara Profesional dalam Demokrasi”.

Dalam acara pelantikan terlihat hadir Ketua KPK Agus Rahardjo, Jaksa Agung HM Prasetyo, Wamenlu A.M Fachir, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua DPR Ade Komarudin dan Anggota Wantimpres, Sidharto Danusubroto.