Apindo Jateng: Lebaran, Omzet Industri Besar dan Kecil Naik

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Frans Kongi mengungkapkan, industri besar dan kecil meliputi sektor jasa hingga riil mengalami kenaikan omzet terkait dengan Lebaran 2014.

"Khususnya untuk sektor jasa ini saya prediksi transaksinya akan mengalami peningkatan yang cukup tajam," kata Frans Kongi di Semarang, Selasa (29/07).

Menurut Frans, kenaikan cukup signifikan itu, salah satunya di bidang perhotelan. Apindo memastikan sebagian besar hotel di Semarang menawarkan berbagai pelayanan untuk kepuasan konsumen.

"Bahkan tingkat okupansi beberapa hotel di Semarang saya pastikan bisa mencapai 99%. Kondisi ini luar biasa mengingat mereka pasti juga akan berwisata di kota ini," kata Frans.

Frans mengatakan, kondisi tersebut karena permintaan dari masyarakat yang juga mengalami peningkatan, bahkan penyewaan kendaraan juga dipastikan mengalami peningkatan transaksi.

Tidak hanya industri besar yang mengalami peningkatan omzet, kata Frans, tapi juga industri kecil dan menengah (IKM) yang memiliki sistem manajemen profesional layaknya industri besar.

Frans menjelaskan, uUntuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama sektor makanan dan minuman olahan pada Lebaran ini, tidak harus melalui industri besar tetapi konsumen bisa memanfaatkan keberadaan industri kecil atau usaha rumahan. “Apalagi jika IKM ini sudah menerapkan sistem pemasaran yang bagus," ujar Frans.

Dari segi harga, usaha kecil itu berani bersaing dengan industri besar. Faktor lain yang juga cukup kompetitif, katanya, yaitu dari segi kualitas produksi. Sektor lain yang juga mengalami peningkatan transaksi cukup besar, yaitu garmen.

"Bahkan beberapa perusahaan di Semarang terpaksa melemburkan karyawannya karena untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat besar, bagi industri besar maupun IKM momentum ini menjadi masa panen yang luar biasa," pungkas Frans.