Terhitung mulai hari ini, Selasa (31/10), semua gerbang jalan tol tidak akan melayani lagi pembayaran secara tunai. Pemerintah secara resmi akan memberlakukan penggunaan uang elektronik dalam transaksi di gerbang tol secara penuh.
Operator jalan tol terbesar, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memastikan kesiapan gardu dan petugas di lapangan. Jasa Marga bekerjasama dengan pihak perbankan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi permasalahan mesin reader, topup uang elektronik, hingga sosialisasi masif bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lain di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Vice President Operations Management Jasa Marga Raddy R Lukman mengatakan, hingga kemarin, sebanyak 99 persen gerbang jalan tol milik Jasa Marga telah menerapkan pembayaran nontunai dan optimistis menjadi 100 persen pada hari ini. "Salah satu upayanya dengan mengubah gardu tol hibrid menjadi gardu semiotomatis (GSO)," kata Raddy, Senin (30/10).
Raddy mengatakan, pada masa transisi perubahan sistem pembayaran ini, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan menggunakan jalan tol seperti biasa. Selain itu, pengguna jalan tol diharapkan menyiapkan uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup sebelum memasuki jalan tol, meletakkan uang elektronik tidak jauh dari jangkauan, serta memberikan ciri atau tanda yang khas pada uang elektronik sebagai identitas kepemilikan.
Guna mendukung kelancaran penerapan 100% pembayaran nontunai, Jasa Marga juga memastikan infrastruktur yang laik fungsi serta dukungan petugas di lapangan melalui standard operating procedure (SOP) untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di gerbang jalan tol, yang dapat diakibatkan karena saldo uang elektronik yang habis, kurang atau uang elektronik yang tidak terbaca, rusak, atau hilang.
Terkait dengan sumber daya manusia menjelang pemberlakuan 100 persen nontunai di jalan tol, sama seperti BUJT lain, Jasa Marga menegaskan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak penerapan kebijakan tersebut. Mereka akan dialihkan ke tempat-tempat yang bisa meningkatkan pelayanan.
© Copyright 2024, All Rights Reserved